My Very First Concert: EXOLUXION INA (Part 1)

390f774a5b236a8a43b62a6d78b116389b54f159_hq

 

My Very First Concert: EXOLUXION INA – Part 1

 

Memang, tahun 2016 ini diawali dengan hal-hal penuh kejutan, terutama tentang EXO. Mulai dari pemberitaan kalau mereka dibebaskan pacaran, Baekhyun yang collaboration dengan Suzy, uhukkk umbrella kiss-nya uhukkk Kyungsoo di film ‘Pure Love’, kiss scene-nya Kai di drama ‘Chocobank’ dan Sehun Ceci magazine photoshoot dengan Irene. Jujur, pada awalnya sih bikin aku juga yang sebagai EXO-L hardcore sempet shock sampai hampir mati, apalagi berita Kyungsoo. Tapi, FYI, aku bukan remaja alay lagi yang menutup mata dan nge-bash siapapun yang dipasangkan dengan EXO. Aku cuma agak kaget dan sedikit sedih aja kok, beneran. Because, to be honest, setelah melihat hasilnya, toh semuanya bagus, indah, manis. Lagunya Baekhyun – Suzy bagus banget sampai menang beberapa kali di acara music show. Sehun dan Irene juga di fotonya kelihatan manis dan cocok kaya suami istri. Terus Kyungsoo juga ehemmm serasi dan lucu banget dipasangkan sama Sohyun, karena pada dasarnya Kyungsoo itu imut jadi lawan mainnya jauh lebih muda pun tetep cucok, apalagi aku ini fansnya Sohyun juga, jadi yah diriku gak galau-galau banget lah (padahal sempet nangis). Kalau Kai … aku belum sempet nonton sih dramanya, lebih tepatnya belum berani dan gak ada kuota buat download, tapi aku gak baper kok, jinjja!

 

bapers

 

Tapi tapi tapi yaaah, dari semua berita-berita di atas, yang bikin aku kejang-kejang tuh berita tentang Kyungsoo ingin pacaran EXOLUXION Indonesia tanggal 27 Februari ini! Aku sempet melongo beberapa menit, terus teriak-teriak heboh sendirian setelahnya. Sumpah gak siap! Kenapa mendadak sekali??? Mana aku lagi galau-galaunya masalah UAS, laporan KP, seminar dan proposal TA pula! Ya Allaaaahhh …

 

Akhirnya terjadilah kebaperan tiada-tara.

 

Untungnya acara bapernya gak berlarut-larut sampai kiamat datang, karena tiga puluh menit berikutnya aku langsung memantapkan hati buat nonton (karena udah diniatkan sejak bertahun-tahun lamanya, kalau ada konser EXO harus ikut). Itu artinya aku harus gerak super cepat nyelesein semua tugas kuliahan aku!

 

Pada kenyataannya, menjelang hari H itu gak segampang dan sesederhana nonton lalu pulang.

 

Masalah pertama, ada banyak rumor tentang harga tiket EXO, yang katanya dua belas juta lah, yang katanya di atas empat juta lah. Cihh, yang ngasih gosip kampungan gak pake otak mah gitu. Yang bilang empat juta masih mending, ini dua belas juta?? Hahaha …. Aku mah iya-in ajalah 😛 Toh aku gak kemakan gosip, cuma kesel aja sama orangnya yang kepala batu itu, udah dikasih tau juga masih aja ngeyel, udah ah stop ngomongin orang. Setelah harga diumumkan oleh Mecima selaku promotor, baru deh aku ketawa. Percaya tuh sama official, bukan rumor belaka!

 

Tiket-EXO

 

Hamdalah, aku punya uang tabungan dari hasil kerja part time-ku selama dua tahun lebih, meskipun udah kepakai sana-sini buat proyek dan lain-lain, tetep masih ada sisa dan cukup buat beli tiket di blue-section incaran.

 

Masalah kedua yang paling esensial adalah jadwal, of course. Kuliah gak nih, sibuk gak nih, ada kegiatan himpunan atau UKM gak nih, lagi masa periode datang bulan gak nih. Semuanya kepikiran. Soalnya dua tahun yang lalu aja, aku mau ikut juga nonton EXO TLP, cuma lagi sibuk-sibuknya proyek. Kan nyesek. Padahal tabungan udah kekumpul. Padahal itu momen terakhir dengan Luhan dan Tao. Padahal kuliah juga menjelang libur semester. Tapi tugas proyek belum kelar. Sebel. Beginilah jadi anak teknik yang tiap semesternya dibebani proyek. Uring-uringan sendiri deh aku. Ya sudahlah. Jadi aja, sekarang aku gak mau tahu, pokoknya sesibuk apapun itu, aku kudu bisa curi waktu buat nonton. Harus! Wajib!

 

Hamdalah, konsernya hari Sabtu, bukan Minggu, apalagi weekday. Intinya hari Minggu masih bisa dipakai istirahat sebelum masuk kuliah semester baru di hari Seninnya.

 

Masalah ketiga yang datang tiba-tiba, yang bikin aku down banget adalah proposal TA aku yang ditolak dosen. Please, untuk proyek itu aku udah ngabisin duit sekitar empat jutaan, udah beli bahannya, eh proposalnya ditolak. Lapur. Empat juta mamen. Nyeseknya tuh ya, lebih-lebih daripada ngeliat Kyungsoo yang berduaan terus kemana-mana sama Sohyun buat film mereka, tau gak. Hiks 😥 Akhirnya, bulan Februari yang seharusnya libur semester aku pakai buat ngurusin ini-itu, mulai dari memperjuangkan proyek yang udah diajukan sampai akhirnya bikin proposal proyek baru. Dan itu ngambil semua jatah liburan aku.

 

Hamdalah lagi, proposal TA aku yang baru pada akhirnya diterima dan sidangnya lancar. Meskipun ujung-ujungnya harus ngeluarin duit lagi buat proyek baru sekitar dua setengah juta. Tapi berkat tabungan. Sekali lagi, berkat tabungan ihikkk kumasih bisa bernapas, walau terasa sesak. Kumasih bisa beli tiket blue. So, guys di sini saya mengingatkan, menabunglah kalian selagi banyak duit, jangan bisanya jajan dan minta ke orangtua doang! Nyari duit gak gampang cuy. Aku aja kudu kerja part-time di saat kuliah yang jadwalnya tidak berperikemanusiaan. Pergi jam setengah tujuh pagi, pulang jam delapan malam. Tiap hari dikasih tugas bejibun yang harus diselesaikan sampai begadang-begadangan. Terus subuh baru bisa kerja sambilan. Hidup itu sulit. Tapi sulitlah mumpung masih muda, tua tinggal menikmati hasilnya. Karena sesungguhnya, tidak ada kesuksesan yang dibarengi dengan jalan yang mudah. Oke, udahan acara Dessy golden ways-nya, back to the topic.

 

Masalah selanjutnya adalah strategi, cieelah strategi. Harap dimaklumi ya, sesuai judul postingan, ini adalah konser pertama aku, jadi yah maafin diriku masih awam. Gimana beli tiketnya, gimana penukarannya, gimana cara masuknya, gimana prosedurnya, dan lain sebagainya aku gak tahu. Aku cuma baca postingan di blognya Kak Ronzzy (kaoskakibau.com) aja selama ini. Dan waktu TLP kemarin ‘kan doi sampai nginep-nginepan segala buat dapet tempat di depan, jadi aku khawatir juga. Masalahnya aku gak ada temen di Jakarta yang EXO-L dan bisa ditumpangin kosannya buat semalem doang, selain Tri. Tapi doi gak ikut, padahal dulu pernah janjian pengen nonton konser EXO bareng. Entahlah, mungkin dia lelah jadi K-poper. Jadi aku berencana buat berangkat sendirian dan nginep di venue aja, pasti di sana juga nanti ada temen ‘kan? Malah aku pengen juga caw ke bandaranya buat jemput Oppa. Kalau mau gila-gilaan ya gila sekalian, gak usah tanggung. Tapi kemudian aku mikir lagi, aku sendirian, aku cewek, dan aku belum terlalu familiar dengan Jakarta-Tangerang dan sekitarnya, kalau aku diculik begimana? XD

 

Hamdalah untuk yang ke sekian kalinya, ternyata sistem sekarang beda dengan TLP dulu. Sekarang pakai queue number. Kamu gak usah datang paling pagi buat dapet tempat di depan. Semuanya berdasarkan nomor antrian yang dikasih promotor, berlandaskan urutan waktu pembelian. Artinya, kamu harus cepet-cepetan beli dan bayar tiket duluan buat dapat nomor awal yang dipakai sebagai nomor urut pas masuk ke venue, bukan dari siapa paling cepat datang ke tempat konser. Begitu, katanya. Queue number ini berlaku waktu konser KRY kemarin yang sukses dan tertib. Jadi ceritanya acara nginep-nginepan di venue-nya batal.

 

Ah, beruntung banget ternyata yang sendirian bukan aku doang 😛 Kak Anne juga. Well, dari mulai tiket, transportasi sampai project kita diskusiin via line, yang kalau dikumpulin kayaknya chat kita berdua udah bisa jadi novel XD Dan atas kesepakatan serta beberapa advice Kak Ron akhirnya kita pilih buat beli tiket di yes24. Aku dan Kak Anne memang sengaja banget gak pake perantara, karena gak ada yang bisa mengalahkan fangirl ‘berkebutuhan’ seperti kita (read: kebutuhan dekat dengan Oppa). So, here we go. Saat pembukaan penjualan tiketnya dibuka, aku udah kaya kesetanan, pulang kampus, langsung duduk depan leptop, login page yes24 sejak siang dan nge-refresh page pembelian tiket sejak satu jam sebelumnya. Penjualan dibuka 29 Januari pukul 19:00 dan aku berhasil booking tiket blue di 19:01 (yang seperempat jam kemudian, tiket blue ini sold out di yes24), beruntunglah diriku di saat pembookingan tapi tidak di saat transfer. Padahal diriku sudah pacu motor ngebut-ngebut sampai ke ATM. Masalahnya aku gak tahu kalau kita transfernya ternyata bukan ke nomor rekening biasa, tapi ke virtual akun. Dan itu makan waktu beberapa menit karena gagal melulu, karena aku gak tau gimana cara transfer ke virtual akun. Aku sampai marah-marah depan ATM coba, sedangkan orang-orang yang samping aku pelenga-pelengo aja lihat aku yang udah kaya ibu-ibu yang gak ditransfer duit belanja sama suaminya (read: Kyungsoo). Barulah empat puluh menit kemudian aku berhasil, lalu dikonfirmasi sepuluh menit sesudahnya. Ah, sumpah kenapa diriku bego banget. Coba aja aku tahu kalau cara transfer ke virtual akun itu beda dengan ke rekening biasa, pasti lebih cepet. Ihikk. Lain kali teman-teman kalau mau beli tiket, dibaca bener-bener yak petunjuknya, biar gak salah kaya aku 😥

 

Beli tiket di yes24 memang enak sih, fast response. Integrasi sistemnya udah bagus, gak harus nunggu 1 x 24 jam konfirmasi kaya di fantix. Gak harus ngisi biodata pas mau booking. Semuanya cepat. Lima sampai sepuluh menit email datang. Jadi gak repot. Sehari sebelumnya yes24 juga menjanjikan queue number terdepan untuk pembeli yang bayar duluan dan ada hadiah lightstick official/poster/voucher belanja untuk 300 pembeli pertama. Jadi, yah berlandaskan itu, aku dan Kak Anne milih beli di yes24 aja dibandingkan dua agen online lain.

 

Tadinya kita dengan percaya diri mikir bakalan dapat nomor awal-awal, karena bayar langsung pada hari H gak sampai sejam sejak pembookingan. Aku masuk 300 pembeli pertama, tapi Kak Anne enggak. Sistem di yes24-nya lagi gangguan katanya, padahal Kak Anne udah bayar jauh lebih dahulu dari aku. Hiks 😥 Tapi apalah artinya hadiah, kita mah cuma pengen nomor antrian depan aja. Cukup. Yah, setidaknya kita dapat nomor antrian lebih awal dari fantix dan indotix kayanya.

 

Maka hari itu, tanggal 8 Februari, ketika aku lagi galau-galaunya mikirin proposal, tiba-tiba Kak Anne nge-chat. Nomor antrian udah keluar dan kita salah perhitungan! Duh, udah galau, tambah galau pula! Kita sama sekali gak kepikiran sebuah fakta bahwa mana mungkinlah semua queue number awal dihabisin sama yes24, sekalipun pembayaran lebih cepat dilakukan di sana. Kayanya nih ya, ada kuota tertentu atau selang-seling antara yes24, fantix sama indotix buat nomor antrian ini. Dan kita terlalu terobsesi buat cepet-cepetan beli tiket di yes24 (yang saat itu paling nge-hits) padahal dua agen lain juga katakanlah masih buka dan lowong, gak serame di yes24. Alhasil, aku dapat nomor antrian 497. Jauh banget dari Oppa! Hiks 😥 Oke, jadikan pelajaran aja.

 

dessy

yang pake tanda kurung belinya di yes24

 

Dapet antrian 497 aja butuh perjuangan :’))

 

H-2 semua masalah berlarut-larut mengenai proposal TA akhirnya rampung (tinggal sedikit revisian aja). Pada dasarnya, aku ini orangnya gampang khawatir, semuanya kepikiran yang buruk-buruknya. Jadi untuk menghindari itu aku persiapkan seluruhnya tanpa kecuali. Baju yang mau dipakai, barang-barang yang mau dibawa, snack, banner, tempat persembunyian buat kamera dan segala rupanya. Biasanya banner bisa didapat gratis dari fansite ‘kan, ya. Tapi aku dengan niatnya bikin sendiri banner-nya, meski sempet bingung mau bawa gambar apa. Akhirnya kuputuskan buat bikin wajah para member yang di-edit jadi cewek (ini inspirasinya dari banner Kak Ron yang selalu di-notice member EXO). Di instagram, aku nemulah akun yang suka ngedit-edit itu, hasilnya bagus (coba deh cek @alitsally). Setelah minta izin (yang gak dibales sama owner-nya), akhirnya kuculik yang gambarnya Suho, Kyungsoo dan Chen. Terus kubikin juga banner yang gambarnya bayi Xiumin dan Lay. Terakhir, Suho yang beneran pakai baju cewek pas perform di SMTown.

 

banner

 

Kurang lebih gitulah penampakkan banner-nya. Di-notice atau enggak sama Oppa, aku mah gak ngarep sih. Yah berusaha aja. Habis gak enak rasanya pergi ke konser tanpa bawa banner apa-apa. Dipikir-pikir, aku gak kreatif banget ya, maafin. Nanti deh kalau ada konser lagi, kubawa yang lebih cetar.

 

Hari H datang dan aku gak bisa tidur padahal ngantuk. Persiapan beres jam 12 malam, tapi jam 2 aku masih melek. Masih belum siap. Masih belum yakin. Masih di awang-awang antara mimpi dan kenyataan. Kalau dibayangin lagi, Ya Allah, mau ketemu EXO loh EXO! Boyband yang selama ini aku ikutin semenjak baru debut. Boyband yang ngebawa aku terjun untuk pertama kalinya ke tengah arus dunia K-pop. Boyband yang eksistansinya aku tahu hanya dari dunia maya. Sekarang mau aku temuin, man. Mereka mau tampil depan mata aku sendiri! Ya Allah, ya Allah …. Tampar aku keras-keras lah biar bisa bangun dari mimpi! Tapi ini nyata cuy! Nyata! EXO omaigat. Aku mau lihat Kyungsoo secara langsung, omaigat omaigat omaigat.

 

Orang-orang rumah kayanya udah pada serem aja kalau ngeliat aku yang senyam-senyum sendiri kaya orang gila selama beberapa hari ke belakang, padahal sebenarnya aku lagi stress gara-gara proposal, tapi kalau ingat tentang EXO diriku jadi tambah kuat. Alay yah. Eh tapi seriusan. Karena pengen puas fangirling-an aku berusaha mati-matian nyelesein kerjaan itu. Mungkin kalau gak inget ada EXO aku udah nangis aja tiap hari di pojokkan. Empat juta sia-sia, kudu ngeluarin lagi dua juta setengah. Stress gak tuh?

 

Akang Kyungsoo cepetan ke Indonesia, neng pengen ketemu! Hiks.

 

To be Continued

19 thoughts on “My Very First Concert: EXOLUXION INA (Part 1)

  1. Akkkkk dessy. Sumpah cerita kamu bikin aku semakin bertambah motivasi buat ketemu oppa fana. Apalagi tambah dikuatkan ama temen2 grup line buat kesepakatan nabung dan brgk breng buat nnton konser selanjutnya.

    Sumpah, aku ikut seneng sekaligus ngakak ama ceritamu tauk gakk.. lucu lucu gimana. Apa kabar dirimu yg super duper bingung. Km booking pukul 19 01 aja dpt noner antrian 400an ><

    Liked by 1 person

    • iyaaa taaa.. yuuukk nabung dari sekarang. terus kita janjian nonton konser bareng 😀
      dijamin lah oppa mu memuaskan (?), ku aja kemarin dipuaskan oleh chanyeol bhaaakk XD
      iya, jadi mending entar2 mah kalo mau beli tiket kudu langsung cepet bayarnya, biar dapet antrian awal. hehe 🙂
      fighting buat kita berdua XD

      Like

      • stop bilang chanyeol memuaskan. gborannya, apalagi aku pengen dpt tempat chen chanyeol pas dance playoby.. cerah pasti ini mata.. iya, aku berniat nabung…. fighting~~

        Like

      • iyaaa taaa.. itu aku dibikin lemah sama goyangan seharga dua jutanya :’))
        meskipun mukanya sengak banget. tapi tetep service nya memuaskan (?) /ngomong apa des/ XD
        ayookkk nanti kita berburu bias bersama ta. semangaaattttssss.. nanti janjian eaaa wkwkwk, sambil gak tau kapan ke Indonesianya lagi jg. tp berusaha lah dari sekarang 😀

        Like

      • astaga, servis. semahal servisnya tapi ia brikan gratis buat mpok lilymaymac >< iyaaaah, karena aku ud kerja, kunabung. bneran. aku serius. rumornya exo ada konser ke 3 bulan juli. jdi di ina setaun lagi dah..

        Like

      • BULAN JULI?? KONSER APAAN LAGI EKSOH??? GAK MUNGKIN KONSER TUNGGAL KAN? SMTOWN kali yaaaa… huweeee…. kukering kerontang begini gak punya duitttt bhaaakksssss
        mana kalo smtown kemungkinan nct juga ikut dibawa. pengen liat hansol 😥
        pengen liat RV dn f(x) juga huweeeeee…

        Like

      • iya puas setengah puas ta. enaknya ya kita bisa lihat semua arti SM, gak enaknya ya mereka performnya sedikit paling cuma 2-4 lagu. kemarin aja exo yang perform hampir 3 jam berasa bentar banget, apalagi ini yg cuma beberapa lagu doang. hiks. duhhh dilemaaaaaa…
        kupengen liat hansol untuk pertama kalinya huweeeeee

        Like

  2. Aduhhh Des, kamu bikin aku ngiri haha
    Seumur idup belum pernah nonton konser, dulu pad ada konser CNBLUE aku gak nonton, pas ada konser BTS ama Got7 juga aku gak nonton piye iki 😥

    Sepertinya aku harus nabung juga, tapi masalahnya, kalau udah berkeluarga rada susah kali ya nonton konser, kan kalo jadi ibu-ibu suka banyak kepikiran ini-itu dan piih yang paling penting ><

    Liked by 1 person

    • kak, ini juga konser pertama aku hehehe..
      owalaaahh, kak ve udah berkeluarga??? waaaaa 😀 senengnyaaaa…
      iya kak gpp, keluarga lebih utama. heu. terus suami kak ve masih ngizinin fangirlingan??? ih kok malah aku yg jadi excited gini ya? heu..
      semangat kak, mudah2an nanti bisa ketemu biasnya 😀 dan nonton konser bareng keluarga :’))

      Like

  3. Namaku nongol banyak di situ buakakakakaka..
    Aku belom sempet bikin..
    belom ada yg nyetanin buat bikin..
    Dan pasti post an aku gak bakal ada fotonya karena aku gak poto exo di sana..
    Buakakakakak..

    Tapi gara-gara baca punya kamu aku jadi pengen bikin segeraaaa..
    Haaaaa…

    Liked by 1 person

    • owalaahh. sayang banget kak. tp gpp, anak pastilah lebih utama 🙂 btw, senengnya sudah berkeluarga, apalagi suaminya baik banget udah beliin tiket :’))
      semangat terus kak, mungkin lain waktu bisa nonton konser, sekalian ketemuan sama aku /plakkk/

      Like

Leave a Reply

